Langsung ke konten utama

Tindakan Bodoh Mahasiswa


Media massa sedang gencar membahas tawuran mahasiswa yang baru-baru ini terjadi. Terlepas apakah media terlihat menyudutkan mereka atau tidak, tawuran tersebut memang benar-benar merupakan tindakan bodoh dari yang mengaku sebagai 'maha'siswa. Mahasiswa seharusnya lebih bersikap dewasa dengan tidak mudah terprovokasi, apalagi dengan hal yang sepele. Mereka yang berteriak lantang menentang kebijakan pemerintah, berdemo besar-besaran, dan mengaku sebagai 'pejuang rakyat' kini malah menunjukkan kelemahannya. Aku jadi teringat peristiwa demonstrasi mahasiswa yang lalu. Ketika itu jalanan diblokir, mahasiswa, dengan semangat berapi-api dan merasa sebagai pahlawan, menentang keras kebijakan kenaikan harga BBM. Namun, tidakkah mereka sadari bahwa tindakan mereka justru merugikan rakyat yang notabene mereka bela? Berapa banyak pekerja yang terlambat ke kantor karena jalan diblokir? Belum lagi para sopir dan kernet yang tambah pusing setorannya berkurang. Siapa sebenarnya yang mereka bela?
Kembali pada kasus tawuran yang melibatkan beberapa universitas di Jakarta Pusat, setelah semalam dilakukan penyisiran oleh polisi di universitas-universitas tersebut, ditemukan banyak senjata tajam semisal tombak, senjata api rakitan, juga alat penghisap ganja. Temuan ini menyiratkan bahwa tawuran tersebut telah terencana dan mungkin telah terorganisir oleh sekelompok mahasiswa. Dimanakah peran pihak kampus dalam hal ini? Mengapa barang-barang 'penjahat' bisa ada di tempat intelektual? Mahasiswa saat ini sangat berbeda dengan mahasiswa tempo lalu. Tidak ada lagi nasionalisme sebagai satu bangsa. Mahasiswa sekarang lebih terkenal karena kebrutalannya, baik dalam berdemo, maupun tawuran. Sebuah mobil yang diparkir di dekat lokasi tawuran menjadi korban kebiadaban 'pejuang rakyat'. Pemiliknya berencana menuntut pihak kampus tersebut. Tidak hanya itu, pasien dan pengunjung RSCM, yang lokasinya bertetangga dengan universitas-universitas ini, juga merasa terganggu dengan adanya tawuran itu. Sebuah kalimat dari Ir. Soekarno yang intinya berbunyi, bangsa kita ini sudah kaya sehingga tinggal membutuhkan para pemuda yang mau bekerja keras untuk membangun bangsa. Sayang sekali, pemuda-pemuda yang diharapkan tersebut ternyata seperti penjahat yang berpendidikan. Bung Karno pasti akan sedih jika beliau masih hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Mobil

Ada banyak ketakutan yang dimiliki oleh pemilik kendaraan, takut dicuri, digores, dirusak, maupun ditabrak. Memiliki kendaraan memang bukan suatu hal yang menguntungkan, bahkan sejatinya merugikan karena nilainya yang terus merosot, serta adanya resiko-resiko dalam penggunaannya. Nah, untuk melindungi mobil Anda dari beberapa resiko tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa asuransi. Pihak asuransi akan meng-handle beberapa resiko, bahkan full risk, tergantung jenis premi yang Anda pilih.

Lalu, setelah Anda secara rutin membayar premi, bagaimanakah bila suatu hari Anda mengalami hari naas sehingga mobil Anda dirusak/tabrakan? Jangan panik karena asuransi akan memperbaiki lagi mobil seperti semula. Anda hanya perlu mengajukan klaim yang biasanya syaratnya: surat keterangan kecelakaan/dicuri dari polsek setempat, surat premi, fotokopi KTP dan STNK.

Datanglah ke penyedia Asuransi Anda, nanti mobil Anda yang penyok akan difoto, lalu ditandai dan diberi keterangan agar pihak bengkel mudah men…

Serangga berkepala capit

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan seekor serangga di kamar mandi. Serangga itu mirip jangkrik namun kepalanya memiliki capit. Capitnya berukuran cukup besar bila dibandinhkan dengan proporsi ukuran badannya. Mirip capit pada kalajengking namun terletak di kepala bukan di ekor. Hewan ini sering muncul pada malah hari lewat dari jam 10 malam. Biasanya dia keluqr dari lubang kecil yang ada di dinding kamar mandi. Sampai sekarang saya masih penasaran apa nama serangga tersebut. Apabila ada pembaca yang mengetahui nama serangga itu mohon dapat diinformasikan kepada saya. Saya juga telah mencoba memotret serangga tersebut namun hasilnya buram karena kamera hp tidak memiliki lampu flash. Oleh karenanya saya coba sertakan gambar yang kira-kira mirip dengan bentuk serangga tersebut. Namun sayangnya kemungkinan serangga tersebut sudah tidak ada lagi dikamar mandi karena diinjak oleh tetangga kost.



Update:
Setelah mendapat informasi dari pembaca blog, ternyata serangga ini bernama Ketongg…

Kisah Seram di Kos Mahasiswa

Kisah seram itu sampai ditelingaku dari cerita temanku yang menghuni kos itu. Ia tinggal di kos, sebut saja 'P', sejak tingkat satu. Kos P dulunya adalah kos-kosan untuk mahasiswi tapi karena ada sebuah tragedi menyedihkan yang menghasilkan cerita seram akhirnya dijadikan kos-kosan untuk mahasiswa.

Kisah ini bermula dari beberapa tahun yang lalu. Ada seorang mahasiswi yang kos di tempat itu mengalami depresi. Katanya karena kuliah di STAN. Konon, dahulu perkuliahan di STAN sangat ketat dan berat hingga membuat banyak mahasiswa dan mahasiswi yang stres, bahkan ada yang sudah seperti orang gila. Dari yang pikirannya linglung, hingga yang sudah tidak berbusana lagi alias bugil! Nah, mahasiswi penghuni kos P itu sudah tidak sanggup lagi menjalani kehidupannya. Gadis itu memilih bunuh diri dengan jalan gantung diri untuk mengakhiri hidupnya. Saat gantung diri ia mengenakan baju berwarna merah. Semenjak kematiannya banyak peristiwa menyeramkan muncul di kos ini. Apalagi letak kos P i…