Podcast Channel "Mahasiswa Binal"


Beberapa hari yang lalu, saya membuat sebuah kanal podcast yang diberi judul "Mahasiswa Binal". Binal di sini adalah singkatan dari Business Analytics. Podcast ini dibuat setelah terinspirasi dari podcast buatan dosen di kampus. Bedanya adalah podcast Mahasiswa Binal ini lebih casual, dibandingkan dengan podcast dosen berjudul "Credibly Curious" yang cukup serius membahas hal-hal seputar analisis data, semisal pemrograman R dan library R Studio.

Podcast Mahasiswa Binal lebih santai dan lebih banyak menampilkan cerita kehidupan sehari-hari mahasiswa business analytics, termasuk saya sendiri, umumnya di kota Melbourne Australia namun tidak menutup kemungkinan untuk mengulas kisah mahasiswa program ini di kota maupun negara lain. Di beberapa episode mungkin juga mengundang narasumber di luar program Business Analytics sesuai tema yang sedang berlangsung, misalnya pada episode ke-empat, podcast menampilkan kisah para awardee AAS menyambut ramadan di masa pandemi korona.

Salah satu episode podcast

Tujuan utama dari podcast ini sebenarnya adalah mengenalkan program Business Analytics, yang masih berkerabat dengan jurusan Data Science, kepada masyarakat Indonesia terutama mereka yang sedang berencana untuk mendaftar beasiswa di luar negeri. Program Binal ini boleh dibilang saat ini sedang naik daun (thanks to continuously evolving technology), yang menyebabkan ketersediaan data berlimpah ruah dan menunggu untuk dianalisis lebih lanjut. Sosial media misalnya, menyediakan data personal yang bisa digali lebih lanjut untuk keperluan riset bisnis. Belum lagi Internet of Things, contohnya gelang digital, yang mengirimkan data aktivitas pemakai gelang ke cloud server. Keberlimpahan data ini akan memberikan competitive advantage yang besar bagi mereka yang mampu memanfaatkannya untuk berbagai tujuan.

Pandemi covid 19 turut meningkatkan pamor analisis data dengan banyaknya pihak yang berlomba-lomba membuat grafik/plot analisis maupun prediksi waktu pundak dan periode keberlangsungan pandemi. Data covid 19 pun tersedia dalam aneka paket library R (yang kesemuanya bersumber dari data John Hopkins) dan dapat diakses oleh publik untuk dapat diolah lebih jauh menggunakan aneka software statistik semisal R studio.

Kesemua hal tersebut di atas, membuat saya lebih mudah untuk menceritakan mengenai manfaat mempelajari business analytics dan menciptakan podcast Mahasiswa Binal dengan harapan agar dapat memberikan inspirasi bagi para pendengarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Option File PES 2011-PSP (Recommended)!

Cara Klaim Asuransi Mobil

PSP Go 6.35 Hacked!