Langsung ke konten utama

Mesjid Menara Kudus


Sore ini aku bermaksud untuk memotret segala objek ataupun tempat yang menjadi ciri khas kota Kudus. Rencananya, semua foto hasil jepretan tadi akan dimasukkan ke dalam album kenangan kelas. Album ini berisi data profil mahasiswa kelasku, kelas 2C, termasuk foto-foto tentang apa saja yang menjadi ciri khas kota asal kami. Karena aku berasal dari Kudus, alhasil mesjid Menara Kudus menjadi salah satu objek yang kufoto. Mesjid Menara Kudus didirikan oleh Jafar Shodiq yang terkenal dengan sebutan Sunan Kudus. Mesjid ini berlokasi di gang jl. Menara. Letaknya dekat dengan pintu masuk gang. Bangunan ini tersohor bukan saja karena didirikan oleh sunan kudus, tetapi juga karena bentuk dan gaya arsitekturnya yang menggabungkan kebudayaan hindu dan islam. Menara mesjid ini dibuat mirip candi hindu. Sedangkan bentuk mesjidnya sendiri seperti mesjid pada umumnya. Mengapa sunan kudus menciptakan desain yang seperti itu? Dahulu, kota Kudus merupakan daerah dimana para penganut agama hindu banyak bertempat tinggal. Ya, memang dulu Kudus adalah daerah kekuasaan kerajaan hindu, sehingga wajarlah jika mayoritas penduduknya beragama hindu. Hingga saat sunan kudus datang ke tempat ini untuk menyebarkan agama islam. Kita mengetahui bahwa wali songo dalam menyebarkan islam menggunakan pendekatan budaya dari daerah objek syiarnya. Begitu juga dengan Jafar Shodiq, beliau berdakwah tanpa menghilangkan budaya hindu yang lebih dulu ada. Bahkan budaya hindu tersebut dijadikan sarana dakwah, tentunya ada sedikit modifikasi yang dilakukan. Cara syiar yang demikian membuat banyak penganut hindu merasa tertarik dengan agama islam maka islam pun berkembang pesat. Sunan pun tetap menghormati budaya hindu yang sudah mengakar semisal larangan menyembelih sapi. Itulah mengapa di Kudus tidak ditemukan makanan khas yang berbahan daging sapi, biasanya daging yang digunakan adalah kerbau atau ayam. Penghormatan terhadap budaya masyarakat setempat juga beliau wujudkan dengan mendirikan menara mesjid berbentuk candi hindu.
Ketika Sunan Kudus wafat, ia dimakamkan di dalam komplek mesjid buatannya itu. Mesjid Sunan Kudus sampai sekarang masih kokoh berdiri. Ia menjadi saksi kehidupan beragama yang damai, saling menghormati, dan penuh toleransi di kota Kudus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Mobil

Ada banyak ketakutan yang dimiliki oleh pemilik kendaraan, takut dicuri, digores, dirusak, maupun ditabrak. Memiliki kendaraan memang bukan suatu hal yang menguntungkan, bahkan sejatinya merugikan karena nilainya yang terus merosot, serta adanya resiko-resiko dalam penggunaannya. Nah, untuk melindungi mobil Anda dari beberapa resiko tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa asuransi. Pihak asuransi akan meng-handle beberapa resiko, bahkan full risk, tergantung jenis premi yang Anda pilih.

Lalu, setelah Anda secara rutin membayar premi, bagaimanakah bila suatu hari Anda mengalami hari naas sehingga mobil Anda dirusak/tabrakan? Jangan panik karena asuransi akan memperbaiki lagi mobil seperti semula. Anda hanya perlu mengajukan klaim yang biasanya syaratnya: surat keterangan kecelakaan/dicuri dari polsek setempat, surat premi, fotokopi KTP dan STNK.

Datanglah ke penyedia Asuransi Anda, nanti mobil Anda yang penyok akan difoto, lalu ditandai dan diberi keterangan agar pihak bengkel mudah men…

Serangga berkepala capit

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan seekor serangga di kamar mandi. Serangga itu mirip jangkrik namun kepalanya memiliki capit. Capitnya berukuran cukup besar bila dibandinhkan dengan proporsi ukuran badannya. Mirip capit pada kalajengking namun terletak di kepala bukan di ekor. Hewan ini sering muncul pada malah hari lewat dari jam 10 malam. Biasanya dia keluqr dari lubang kecil yang ada di dinding kamar mandi. Sampai sekarang saya masih penasaran apa nama serangga tersebut. Apabila ada pembaca yang mengetahui nama serangga itu mohon dapat diinformasikan kepada saya. Saya juga telah mencoba memotret serangga tersebut namun hasilnya buram karena kamera hp tidak memiliki lampu flash. Oleh karenanya saya coba sertakan gambar yang kira-kira mirip dengan bentuk serangga tersebut. Namun sayangnya kemungkinan serangga tersebut sudah tidak ada lagi dikamar mandi karena diinjak oleh tetangga kost.



Update:
Setelah mendapat informasi dari pembaca blog, ternyata serangga ini bernama Ketongg…

Kisah Seram di Kos Mahasiswa

Kisah seram itu sampai ditelingaku dari cerita temanku yang menghuni kos itu. Ia tinggal di kos, sebut saja 'P', sejak tingkat satu. Kos P dulunya adalah kos-kosan untuk mahasiswi tapi karena ada sebuah tragedi menyedihkan yang menghasilkan cerita seram akhirnya dijadikan kos-kosan untuk mahasiswa.

Kisah ini bermula dari beberapa tahun yang lalu. Ada seorang mahasiswi yang kos di tempat itu mengalami depresi. Katanya karena kuliah di STAN. Konon, dahulu perkuliahan di STAN sangat ketat dan berat hingga membuat banyak mahasiswa dan mahasiswi yang stres, bahkan ada yang sudah seperti orang gila. Dari yang pikirannya linglung, hingga yang sudah tidak berbusana lagi alias bugil! Nah, mahasiswi penghuni kos P itu sudah tidak sanggup lagi menjalani kehidupannya. Gadis itu memilih bunuh diri dengan jalan gantung diri untuk mengakhiri hidupnya. Saat gantung diri ia mengenakan baju berwarna merah. Semenjak kematiannya banyak peristiwa menyeramkan muncul di kos ini. Apalagi letak kos P i…