Langsung ke konten utama

Reformasi Bisnis TNI


Pagi ini sambil menyeruput teh hangat, aku melihat-lihat acara di TV. Sedikit sekali acara yang menarik. Setelah menggonta-ganti saluran TV, aku berhenti di saluran TV One. Kali ini TV One, dalam 'Apa Kabar Indonesia?', menyajikan topik menarik mengenai reformasi bisnis TNI. Topik ini merupakan salah satu topik yang dibahas diacara itu. Disebutkan bahwa reformasi bisnis di tubuh TNI belum berjalan 100 persen. Menurut narasumber acara ini, Erry Riyana Hardjapamengkas, selaku ketua Timnas Pengalihan Aktifitas Bisnis TNI yang juga mantan anggota KPK, jumlah bisnis TNI saat ini yang telah diinventarisasi hanya sebesar tiga trilyun. Jauh berkurang dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Dengan kata lain, reformasi bisnis yang dilakukan cukup efektif. Namun, pendapat tersebut dibantah oleh Jaleswari Pramodhawardani, seorang pengamat militer. Ia beranggapan, menurunnya jumlah tersebut dapat dikarenakan adanya pengalihan bisnis dari yayasan ke pribadi ataupun kepada pihak ketiga. UU no.34 tahun 2004 hanya melarang TNI untuk berbisnis tetapi tidak melarang terjadinya pengalihan bisnis. Kriteria bisnis yang diinventarisasi oleh Timnas hanya terbatas pada aktivitas bisnis formal. Sebenarnya,
kriteria aktivitas bisnis TNI ada tiga yakni formal, nonformal, dan ilegal. Contoh bisnis formal misalnya bisnis yang dilakukan oleh yayasan milik TNI. Bisnis nonformal misalnya pemanfaatan aset milik TNI, dan untuk bisnis ilegal misalnya perlindungan terhadap perjudian. Erry mengatakan bahwa para prajurit dilevel bawah mendukung bisnis TNI selama mereka masih memperoleh manfaat dari operasional bisnis. Namun, apakah kesejahteraan mereka dapat meningkat dari adanya bisnis ini? Tentu saja tidak. Para petinggi TNI lah yang paling banyak memperoleh manfaat dari adanya bisnis TNI. Kesenjangan yang terjadi sangatlah besar. Cukup sulit untuk mereformasi bisnis ini karena telah membudaya sejak puluhan tahun yang lampau. Akankah bisnis TNI dapat dihilangkan atau setidaknya jauh dari penyimpangan? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Mobil

Ada banyak ketakutan yang dimiliki oleh pemilik kendaraan, takut dicuri, digores, dirusak, maupun ditabrak. Memiliki kendaraan memang bukan suatu hal yang menguntungkan, bahkan sejatinya merugikan karena nilainya yang terus merosot, serta adanya resiko-resiko dalam penggunaannya. Nah, untuk melindungi mobil Anda dari beberapa resiko tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa asuransi. Pihak asuransi akan meng-handle beberapa resiko, bahkan full risk, tergantung jenis premi yang Anda pilih.

Lalu, setelah Anda secara rutin membayar premi, bagaimanakah bila suatu hari Anda mengalami hari naas sehingga mobil Anda dirusak/tabrakan? Jangan panik karena asuransi akan memperbaiki lagi mobil seperti semula. Anda hanya perlu mengajukan klaim yang biasanya syaratnya: surat keterangan kecelakaan/dicuri dari polsek setempat, surat premi, fotokopi KTP dan STNK.

Datanglah ke penyedia Asuransi Anda, nanti mobil Anda yang penyok akan difoto, lalu ditandai dan diberi keterangan agar pihak bengkel mudah men…

Serangga berkepala capit

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan seekor serangga di kamar mandi. Serangga itu mirip jangkrik namun kepalanya memiliki capit. Capitnya berukuran cukup besar bila dibandinhkan dengan proporsi ukuran badannya. Mirip capit pada kalajengking namun terletak di kepala bukan di ekor. Hewan ini sering muncul pada malah hari lewat dari jam 10 malam. Biasanya dia keluqr dari lubang kecil yang ada di dinding kamar mandi. Sampai sekarang saya masih penasaran apa nama serangga tersebut. Apabila ada pembaca yang mengetahui nama serangga itu mohon dapat diinformasikan kepada saya. Saya juga telah mencoba memotret serangga tersebut namun hasilnya buram karena kamera hp tidak memiliki lampu flash. Oleh karenanya saya coba sertakan gambar yang kira-kira mirip dengan bentuk serangga tersebut. Namun sayangnya kemungkinan serangga tersebut sudah tidak ada lagi dikamar mandi karena diinjak oleh tetangga kost.



Update:
Setelah mendapat informasi dari pembaca blog, ternyata serangga ini bernama Ketongg…

Kisah Seram di Kos Mahasiswa

Kisah seram itu sampai ditelingaku dari cerita temanku yang menghuni kos itu. Ia tinggal di kos, sebut saja 'P', sejak tingkat satu. Kos P dulunya adalah kos-kosan untuk mahasiswi tapi karena ada sebuah tragedi menyedihkan yang menghasilkan cerita seram akhirnya dijadikan kos-kosan untuk mahasiswa.

Kisah ini bermula dari beberapa tahun yang lalu. Ada seorang mahasiswi yang kos di tempat itu mengalami depresi. Katanya karena kuliah di STAN. Konon, dahulu perkuliahan di STAN sangat ketat dan berat hingga membuat banyak mahasiswa dan mahasiswi yang stres, bahkan ada yang sudah seperti orang gila. Dari yang pikirannya linglung, hingga yang sudah tidak berbusana lagi alias bugil! Nah, mahasiswi penghuni kos P itu sudah tidak sanggup lagi menjalani kehidupannya. Gadis itu memilih bunuh diri dengan jalan gantung diri untuk mengakhiri hidupnya. Saat gantung diri ia mengenakan baju berwarna merah. Semenjak kematiannya banyak peristiwa menyeramkan muncul di kos ini. Apalagi letak kos P i…