Minggu, 16 November 2008

Tips Mencegah Kecurian


Beberapa hari yang lalu ada sms dari teman yang mengabarkan bahwa laptop milik temannya raib dibawa maling. Laptop yang terbilang masih baru, menggunakan teknologi Intel Core 2 Duo, dan baru saja meng-upgrade memori RAM-nya menjadi 2 GB. Tapi dasar sial, laptop baru itu lenyap bersama tasnya yang berwarna kuning. Temanku menyuruhku menyebar sms ini ke yang lainnya. Namun menurutku, upaya pemberitahuan ini agaknya tidak akan banyak berguna untuk mendapatkan laptop itu kembali. Pencurinya entah sudah menjualnya kemana.
Aku jadi teringat peristiwa setahun lebih yang lalu. Handphone Nokia 6600-ku, Black Edition, yang memorinya baru ku tambah menjadi 1 GB lenyap saat ditinggal solat subuh di mushola. Awalnya aku mengira hp terselip di antara bantal tapi ternyata memang dicuri seseorang. Saat aku pulang, jendela kamarku terbuka tapi tidak ada tanda pengerusakan. Kamarku memang tak terkunci, tetapi mengapa jendela bisa terbuka? Aku mengira malingnya masuk lewat pintu dan keluar lewat jendela. Sempat terpikir pelakunya adalah sesama penghuni kos. Namun akhirnya, aku tak mau mencurigai orang dalam karena bisa merusak pertemanan yang telah lama terjalin.
Dengan kejadian-kejadian ini aku harus lebih hati-hati.
Peristiwa kemalingan juga terjadi pada beberapa mahasiswa se-RT-ku. Ada yang dicuri laptopnya, hp, bahkan sepatu untuk kuliah beserta kaos kakinya juga diembat. Sungguh sangat meresahkan kami. Target utama mereka adalah para mahasiswa yang merupakan pendatang di sini.
Berikut ada tips yang aku coba dapatkan dari hikmah beberapa peristiwa kemalingan yang mungkin dapat sedikit mengurangi resiko kecurian:
1. Selalu kunci kamar kemana pun kita pergi.
2. Jangan terlalu percaya pada teman. Maksudnya bukan untuk suudzon pada teman, tapi agar kita waspada saja karena teman bisa saja menjadi musuh dalam selimut.
3. Periksa jendela kamar. Pada beberapa peristiwa, maling membobol jendela agar dapat masuk.
4. Jangan letakkan benda-benda berharga dekat jendela.
5. Selalu matikan lampu saat kita tidur. Kegelapan merupakan pertahanan dari intaian maling.
6. Jangan tidur larut malam karena membuat kita sulit tersadar jika ada sesuatu yang mencurigakan. Pada kasus temanku, dia tidur larut malam kemudian si maling yang sudah mengintai pun baru beraksi sekitar pukul 02.00 dini hari saat temanku terlelap.
7. Jika bepergian dalam waktu yang cukup lama, usahakan bawa benda berharga milik anda. Barang-barang yang tidak bisa dibawa, simpanlah di tempat yang aman atau titipkan pada orang yang kita percayai.
8. Waspada terhadap setiap orang yang mencurigakan. Warga di sini pernah memergoki seseorang yang berdiri di samping kamarku. Namun karena kurang cepat bertindak, orang itu kabur setelah ditanya-tanyai.
9. Banyak beramal lah, karena menurut kepercayaan, beramal dapat menolak bala.
Demikian beberapa tips, mudah-mudahan bermanfaat. Semoga kita dapat terhindar dari kemalingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...