Sabtu, 13 Desember 2008

Nita Worm, Go to Hell!

Sewaktu aku praktek aplikasi komputer di Lab. Komputer kampus, aku mencolokkan flash disk ke salah satu komputer yang ada di situ. Data di flash disk kupindahkan karena dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Tapi, ternyata flash diskku disusupi virus yang ada di komputer tersebut. Saat flash disk-nya kuhubungkan dengan laptop di kost, virus dengan cepat menyebar ke laptop. Dari ciri-ciri dan jejak yang muncul diketahui nama virus ini adalah Nita Worm, sebuah virus lokal yang low risk. Virus ini membuat copy-an folder induk di dalam folder induk. Folder-foldernya berekstensi "exe". Virus ini juga menyerang direktori (C) yang berisi program-program sehingga direktori ini tak bisa dibuka. Masalah ini bisa diatasi dengan log in lewat Safe Mode. Ketika aku berusaha mendapatkan antivirus yang cukup tangguh, ku awali dengan mencoba kemampuan PC MAV RC1.9 edisi Desember namun tak mampu melenyapkan Nita Worm. Lantas aku memilih Kaspersky dan mencoba meng-install di laptopku menggantikan Avast. Namun, Windows Installer-nya ternyata terblok sehingga tak bisa meng-install software ini. Di Safe Mode pun tidak bisa meng-install. Walau begitu aku tak menyerah begitu saja. Aku mencoba mendapatkan informasi maupun software pembasmi Nita Worm lewat Google. Alhamdulillah, setelah beberapa lama mencari akhirnya kutemukan software yang khusus diciptakan untuk menghilangkan Nita Worm. File-nya berukuran kecil, hanya 22 Kb tapi ampuh untuk mengembalikan komputer seperti semula. Hanya ada sedikit kekurangannya, ekstensi txt masih terdefinisi sebagai ekstensi Nita_Worm walau tak berpengaruh pada isinya.
Dampak yang ditimbulkan Nita Worm pada laptopku memang tak separah pada laptop temanku. Temanku yang cepat putus asa langsung me-reinstall laptopnya karena banyak fungsi yang dirusak virus lokal ini semisal hilangnya tombol shutdown, klik kanan tak bisa memunculkan jendela pop up. Aku bersyukur tidak mengalami kerusakan separah itu. Bagi teman-teman yang ingin memusnahkan Nita Worm dari laptop kalian coba unduh removal tool-nya klik di sini. Jika ingin yang lebih aman dan mantap serta terpercaya, coba download antivirus Smadav edisi Maret 2010. Pada halaman menu di 2shared pilih "Save file to PC".
Never give up against virus! Go to hell Nita!

2 komentar:

  1. thanks.. buad infonya bro

    BalasHapus
  2. Sama-sama Bro...Untuk amannya, selalu update Antivirusmu. Atau selalu download AV lokal macam Smadav di situsnya. Biasanya antivirus lokal ampuh buat membasmi virus lokal.

    BalasHapus

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...