Rabu, 04 Februari 2009

Trik Download Hemat Indosat

Kali ini aku akan memberikan trik download hemat Indosat GPRS. Beberapa bulan yang lalu Indosat pernah kebobolan dengan munculnya Opera Mini 4.1 Mod. Pernahkan Anda mencoba berinternet gratis lewat Opera Mini yang sudah dimodif ini? Jika pernah, Anda tentu merasakan nikmatnya browsing kapan pun kita mau tanpa takut pulsa kita terpotong. Aku pernah memanfaatkan Opera Mini hasil modifikasi orang-orang pintar (bukan dukun loh). Saat itu, dalam sehari kira-kira aku menghabiskan waktu sebanyak delapan jam untuk berinternet ria dan mendownload files. Namun sayangnya masa-masa indah itu kini telah berlalu, pihak Indosat telah memperbaiki kelemahan yang membuatnya kebobolan. Kini kita perlu berhati-hati dan berhemat dalam menggunakan pulsa kita untuk browsing dan mendownload karena jika kita telah keasyikan berinternet ria, pulsa kita tanpa terasa akan habis.
Dimasa kelam seperti saat ini seorang teman memberikan sebuah "nasihat" yang cukup berharga kepadaku. Ia memberitahukan suatu trik yang lumayan ampuh untuk menghemat pulsa kita bila ingin mendownload file berukuran cukup besar (untuk ukuran HP). Rahasianya hanyalah dengan penggunaan langkah-langkah yang tepat mulai dari mencari file yang ingin di-download sampai men-download file tersebut.
Proyek kita adalah menggunakan pulsa seefisien mungkin untuk mencapai tujuan yakni mendownload file yang diinginkan.
Berikut ini langkah-langkah trik download hemat via Indosat GPRS: Dibutuhkan aplikasi browsing untuk mencari file yang akan kita download. Aku menyarankan untuk memakai Opera Mini yang sudah terkenal kemampuannya mengonversi ukuran data sehingga biayanya lebih murah. Browsing-lah menggunakan aplikasi tersebut ke situs yang menawarkan download file. Sebagai contoh kita browse www.michaelheart.com. Download lagu yang tersedia gratis di situ (We Will Not Go Down), akan muncul pop up/jendela yang berisi pilihan untuk SIMPAN atau BUKA. Klik softkey yang kiri kemudian pilih SIMPAN HALAMAN. Hingga langkah ini, Anda wajib keluar dari Opera Mini. Ubah setting komunikasi data HP anda dari yang sebelumnya memakai paket Volume (per kilobyte) menjadi paket Waktu (time based). Caranya, pada pilihan USERNAME dan PASSWORD masukkan kata: indosat@durasi.
Setelah selesai mengubah setting di atas, kembalilah ke Opera Mini anda. Lihatlah di HALAMAN TERSIMPAN Opera Mini. Di situ ada pop up download file yang tadi kita pilih. Masuk ke pop up tersebut dan pilih BUKA. HP anda akan mulai mendownload file lagu di www.michaelheart.com tadi. Usai mendownload cobalah cek pulsa Anda dan lihat perbedaannya antara sebelum dan sesudah men-download. Berapa rupiah yang terpakai? Kalau anda berani coba bandingkan jika Anda mendownload lagu tersebut dengan paket Volume.
Menurut temanku, ia berhasil mendownload lagu itu (yang berukuran lebih dari 4 Mb) dengan hanya terkena charge kurang dari Rp 1000,-. Aku mencoba mengimplementasikan triknya dengan mendownload file berukuran 2569 Kb, dan ternyata dikenai biaya Rp 1485,-, cukup berbeda dengan apa yang diutarakannya (mungkin karena pengaruh penonaktifan mode 3G) . Namun, biaya yang dipotong sepertinya memang lumayan jauh berbeda jika kita memakai paket Volume. Setelah dihitung-hitung, dengan Time Based, biayanya adalah Rp 1,73/Kb sementara untuk Volume Based biasanya Rp 5/Kb (mentari). Mungkin jika kita pakai im3 biaya yang bisa dihemat akan lebih banyak lagi.
Jangan lupa trik ini hanya untuk mendownload saja! Kalau ingin browsing kembali ubahlah setting HP Anda seperti semula karena akan sangat memakan pulsa jika kita memakai Time Based untuk browsing! Perlu diingat juga bahwa cara ini memerlukan koneksi yang stabil, jika tidak justru akan menjadi senjata makan tuan. Trik ini hanyalah alternatif dalam melakukan penghematan pulsa, Anda boleh mencobanya, boleh juga tidak. (Special thanks to Mufti Irfan atas infonya).
copyright@ve08.blogspot.com-"Trik Download Hemat Indosat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...