Kamis, 12 Februari 2009

Gabungkan XP-Vista!

Apakah Anda bosan dengan tampilan Windows XP Anda? Apakah Anda ingin mencoba Windows Vista tapi terbatas kendala teknis? Apakah Anda masih mencintai kinerja XP tapi juga menaksir tampilan Vista yang keren? (pertanyaannya kayak iklan produk rumah tangga aja ya :-D ).
Semua pertanyaan di atas mungkin pernah menghinggapi pikiran kita. Sebagai manusia biasa, kita memang suka bosan dengan semua yang berbau monoton. Kita tentu menginginkan variasi dalam hidup ini agar hidup terasa lebih hidup. Begitu pula dengan perangkat IT yang kita miliki. Perkembangan jaman telah membuat berbagai macam perangkat teknologi kita menjadi lebih cepat usang. Berbagai inovasi baru bermunculan tiap tahun, bulan, bahkan mungkin tiap hari. Kita baru saja membeli teknologi A lalu ternyata sudah muncul lagi teknologi B yang lebih canggih. Bagi yang memiliki budget besar hal itu mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi, untuk yang punya dana pas-pasan bahkan minim (seperti saya), hal di atas tentu menyedihkan. Kita akan dibilang ketinggalan jaman lah, ga modis lah dan macam-macam julukan lainnya. Biasanya kita akan ikut-ikutan memakai produk baru yang belum diketahui kualitasnya, maklumlah orang Indonesia suka latah.
Menyangkut masalah inovasi baru, kita tentu sudah kenal sekali dengan yang namanya Windows Vista. Ini adalah operating system baru, lanjutan dari Windows XP. Tampilannya sangat lebih keren daripada Windows XP. Adanya efek-efek tertentu menyebabkan OS ini kelihatan eksotis. Namun, masalahnya adalah tidak semua pengguna komputer bisa memakai operating system ini. Spesifikasi komputer yang cukup tinggi diperlukan agar OS ini bisa berjalan dengan baik. Minimal memori RAM yang dibutuhkan adalah 512 MB. Itupun belum dapat menjamin Vista bisa dijalankan secara lancar. Jika dipaksakan maka komputer akan terlihat seperti para pekerja romusha di jaman penjajahan Jepang dulu. Itulah mengapa pihak Microsoft mencoba memperbaiki kekurangan Vista itu dengan meluncurkan OS yang lebih ringan dari Vista yaitu Windows Seven. Tapi tetap saja masih terasa berat bagi komputer bermemori RAM kurang dari 1 GB.

Kelemahan Vista yang lain adalah masih banyaknya aplikasi yang belum kompatibel dengannya. Aplikasi-aplikasi tersebut akan mengalami error bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali jika kita memaksakan untuk menginstalnya.
Berbagai pertimbangan di atas membuat kita membayangkan, bagaimana ya seandainya kita memakai OS XP tapi dengan tampilan sekeren Vista? Ternyata pengandaian itu sudah ditangkap oleh tim Windows X, suatu pihak pembuat aplikasi yang dapat mengubah Windows XP biasa menjadi terlihat seperti Vista. Programer yang berasal dari Thailand ini sudah menciptakan Aplikasi Vista Transformation Pack (VTP) bahkan dalam beberapa versi.
Dengan hanya menggunakan aplikasi ini maka kita dapat menggabungkan antara ketangguhan XP yang ringan dengan penampilan Vista yang keren! Tidak menjadi masalah lagi spesifikasi komputer yang rendah. Orang awam langsung akan mengira kalau kita memakai Vista!


Untuk menciptakan efek-efek vista semisal efek kaca (glass effect), kita membutuhkan aplikasi tambahan semisal WindowsBlind yang berbayar ataupun Glass2K yang gratis. Aplikasinya Download di sini.
Untuk efek jendela 3D kita bisa menggunakan aplikasi Madotate yang juga gratis. Dengan efek jendela 3D, kita dapat memiringkan jendela pop up sesukanya.
Karena stock aplikasi VTP saya terhapus dari laptop, maka saya sediakan download link aplikasi yg hampir sama dengan VTP tapi lebih kecil ukurannya yaitu Vista Mizer. Anda bisa mendownloadnya secara Gratis di sini Aplikasi Vista-XP (ukuran 18 MB). Pada halaman download di 2shared pilih "Save file to PC".

Kalo pengen download efek 3D Vista silakan download Aplikasi Madotate secara Gratis pula. Dengan beberapa aplikasi tersebut, sudah lebih dari cukup untuk membuat XP Anda seperti Vista beneran!

2 komentar:

  1. salam kenal...
    blogwalkinggg ....
    cakep juga jadinya tampilannya... mo coba juga nihhh ..
    tks mas Tipsnya...
    mampir2 ya klo ada waktu ke blog saya

    BalasHapus
  2. salam kenal juga ya. Makasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini...
    Sebetulnya aplikasi biar tampilan mirip Seven sudah ada, app Vista ini udah kuno

    BalasHapus

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...