Langsung ke konten utama

Kutukan Atlantis pada Indonesia

Terinspirasi dari novel Negara Kelima karya ES Ito, yang saya download gratis setelah menundukkan blokingan server di kantor, saya mencoba menuliskan ulang bagian-bagian di novel tersebut yang sangat menarik bagi saya. Sebuah analisis logis dari penulisnya yang menjelaskan tentang asal-usul daerah yang kita tempati sekarang ini, Nusantara. Novel tersebut sangat menarik, alurnya mirip The Davinci Code karya Dan Brown. Bertemakan Penyelidikan Detektif, tokoh utama dalam novel ini tidak hanya berusaha menemukan pelaku pembunuhan beruntun tapi, yang utama, juga menjelaskan pada pembaca mengenai asal-usul daerah yang sekarang menjadi wilayah kedaulatan Nusantara. Yang menakjubkan, cerita dikemas dalam perpaduan antara Fakta dan Fiksi sehingga kadang saya merasa cerita novel itu benar-benar pernah terjadi. Namun saya bermaksud untuk menceritakan ulang isi yang khusus berkaitan dengan sejarah wilayah NKRI, dari masa purba (sebelum masa es berakhir) hingga jaman sekarang ini, menjadi Republik Indonesia.
 Gambaran Kota Tenggelam
Mungkin tidak banyak yang mau memikirkan sejarah daratan yang kita tempati saat ini. Kita tidak ambil pusing dengan masa lalu Negara kita, apa dan bagaimana bentuk Indonesia purba? Padahal tahukah kalian bila ternyata Negara kita ini berdiri di atas wilayah bekas sebuah imperium terbesar jaman purba, ATLANTIS. seorang pemikir besar seperti Plato dari Yunani sampai-sampai mengarang tulisan yang menceritakan Indonesia purba (meskipun hanya pada beberapa bagian saja )dengan judul Timaeus and Critias . Buku itu berisi dialog antara Timaeus dan Critias yang tidak pernah dirampungkan oleh Plato (ga tahu alasannya, dialognya menggantung begitu saja). Saya tidak bisa menulis ulang isi dialog itu karena banyak, bisa dicari sendiri lewat Google. Intinya Timaeus (tak diketahui siapa dia sebenarnya) mengobrol dengan Critias (kakek Plato). Menceritakan bahwa dahulu kala Solon (yang masih termasuk nenek moyang Plato), seorang ahli hukum, melakukan perjalanan ke Mesir Kuno untuk mecari ilmu/cerita yang belum ia ketahui. Ia berjalan ke kota Sois, dan bertemu dengan pendeta di sana. Pendeta tersebut menganggap Solon dan orang-orang Yunani sebagai anak-anak, karena mereka tidak banyak mengetahui tentang cerita masa lalu. Pendeta tersebut mengingatkannya, bahwa ada sebuah cerita tentang Negara besar yang terlupakan oleh bangsa Yunani saat itu. Bangsa yang pernah menyerang Yunani kuno. Bangsa yang wilayah taklukannya sangat besar, namun saat menyerang Yunani, mereka dapat dipukul mundur. Tak berapa lama setelah gagal menaklukan Yunani, Negara itu, tepatnya Imperium tersebut, hancur tertimpa bencana sangat besar, yaitu banjir yang menenggelamkan Negara besar itu hanya dalam waktu satu hari satu malam saja. Negara itu terkubur bersama cerita tentang kebesarannya. Pendeta tersebut menyebut nama Negara itu, ATLANTIS. Atlantis merupakan negara terbesar di benua Lemuria, benua yang sudah punah. Wilayahnya membentang antara selatan India hingga samudera Atlantik. Besar daratan negara Atlantik kira-kira sebesar Asia Minor (Turki) ditambah dengan Libya.

Tata Kota Atlantis
Plato mengarang dengan mencampur antara fiksi dan fakta. Dahulu negara Atlantis berbentuk federal terdiri dari 10 negara bagian, masing-masing dipimpin oleh raja yang adil, keturunan Poseidon penguasa lautan (Poseidon saudaranya Zeus). Negara bagian terbesar Atlantis dikuasai oleh anak tertua Poseidon. Mereka hidup dengan rukun dan membuat perjanjian tidak saling berperang. Kehidupan makmur, kekayaan alam melimpah ruah, iklimnya terdiri dari 2 musim. Namun lama-kelamaan, setelah berganti-ganti generasi, kehidupan ideal yang didambakan Plato itu memudar. Beberapa raja Atlantis ingin mengembangkan kerajaannya (ekspansi). Mereka pun memerangi negara-negara lain, semua dapat mereka taklukan kecuali Yunani. Mereka pulang kembali ke Atlantis setelah gagal menaklukan negara itu. Zeus marah dengan kelakuan Atlantis yang menyerang banyak negara, akhirnya ia berembuk dengan dewa lainya mengenai hukuman apa yang akan diberikan kepada Atlantis. Dialog Plato pun berakhir di situ. Tapi kita bisa mengetahui hukuman apa yang dijatuhkan Zeus dari bagian awal dialog yakni banjir besar.

 Plato
Beberapa penduduk Atlantis berhasil menyelamatkan diri dan mengungsi ke tempat lain, mereka disebut sebagai orang-orang Punt. Ada yang ke India, membangun kebudayaan India Kuno, ke Mesopotamia, ke Mesir, lalu ke Amerika Latin membentuk kebudayaan Maya. Kebudayaan Maya terlambat berkembang karena daerahnya lebih jauh dari ketiga daerah yang saya sebut tadi, sehingga pengungsi dari Atlantis butuh waktu lama menyerangi lautan untuk sampai ke Amerika Latin itu. Jika ditarik garis lurus, semua (empat) daerah tersebut adalah daerah yang tidak jauh dari garis ekuator. Jaman dahulu hidup di daerah tropis merupakan nikmat yang besar karena selalu mendapatkan cahaya matahari.
Semua kebudayaan yang muncul tersebut merupakan kebudayaan maju (pada jaman itu) yang merupakan warisan Atlantis. Mereka mempunyai ciri yang sama. Piramida dapat ditemukan di Mesir maupun di wilayah Maya, Amerika Latin. Tatanan masyarakat rapi serta hokum dan budayanya sudah maju. Orang Maya menyebut asal usulnya sebagai Aztlan, Orang Mesir menyebut ToWer, Orang Dravida (penduduk asli India) menyebut daerah asal mereka Traphopane (daerah busur).

 Dari atas ke bawah:
Tata Kota Mohenjodaro dan Harappa India, Spinx Mesir, Bangunan Maya
Dahulu kala wilayah Indonesia adalah daratan bersatu, bukan negara kepulauan seperti saat ini. Sumatera hingga Nusa Tenggara masih menyambung. Pegunungan sambung menyambung dari Leuser di Aceh hingga Rinjani di Nusa Tenggara. dulunya laut Cina Selatan merupakan daratan di atas Kalimantan, itulah mengapa kedalaman laut tersebut hanya sekitar 300 meter saja. Padahal laut di atas Sulawesi kedalamannya bisa mencapai 3000-an meter. Busur melintang (berbentuk X) terbentuk dari daratan Sumatera Jawa Nusa Tenggara, dengan, Kalimantan Daratan Laut Cina Selatan. Plato mengatakan jika Atlantis dikagumi karena pegunungan yang indah sambung menyambung, berjumlah banyak. Dan mungkin pegunungan tersebut berpusat pada Gunung Krakatau purba di selat Sunda. Gunung tersebut meledak dahsyat hingga menimbulkan tsunami besar. Itulah mungkin banjir besar yang dimaksud Plato, tsunami yang mengerikan menghancurkan kerajaan terbesar saat itu hanya dalam sehari semalam. Bencana gunung itu tidak berhenti sampai di situ. Bahkan patahannya masih meledak lagi tahun 1883, menimbulkan tsunami kembali yang menyebabkan tewasnya 30.000-an penduduk. Tak lama setelah itu, sekitar 1900-an muncul lagi Gunung Anak Krakatau yang terletak tak jauh dari Lampung (hmm menyesal dulu waktu rekreasi ga naik perahu ke gunung itu, padahal Gunung itu konon adalah puncak gunung dari daratan pusat Atlantis negeri yang hilang). Mengapa tsunami jaman purba sampai bisa menenggelamkan negara seluas Atlantis? Selain efek getaran yang dahsyat, itu ada kaitannya juga dengan pemanasan global. Gunung purba Krakatau meletus dahsyat, abunya memenuhi langit menghalangi sinar matahari ke atas, mirip dengan efek rumah kaca. Panas yang terkungkung di dalam asap debu letusan itu mampu membuat es di kutub mencair dan menambah volume air laut. Dan akhirnya Atlantis pun tenggelam, hanya dalam hitungan jam. Subhanalloh!

Saat ini, negara tercinta kita, menempati pucuk-pucuk yang menyembul dari Atlantis. Setelah sebelumnya selama sekitar 11.000 tahun daerah NKRI menjadi daerah terlarang karena karang-karang dan lumpur sisa tenggelamnya Atlantis, membuat bencana bagi kapal-kapal yang melewatinya. Wilayah terlarang itu jaman dulu disebut Ultima Thule.


Plato sampai akhir hayatnya tidak mampu menemukan Atlantis, namun idenya tetap hidup dan dan akhirnya berhasil menemukannya secara tak langsung lewat tokoh yang bernama Alexander The Great.

 Alexander The Great
Apa hubungan antara Alexander Agung dengan Plato? Murid Plato yang bernaman Aristoteles merupakan guru sekaligus mentor raja besar itu. Alexander the Great, alias Iskandar Dzulqarnaen (arti nama Dzulqarnaen- yang mempunyai 2 tanduk alias 2 kekuasaan di barat dan timur) yang terinspirasi ide-ide Aristoteles tentang Atlantis berusaha menemukan kota yang hilang tersebut. Ia melakukan eksapansi sambil mencari kota Atlantis. Penaklukannya seperti napak tilas terbalik dari sejarah. Ia mulai dahulu dari daerah yang paling jauh yang dijadikan pengungsian orang-orang Punt (pengungsi dari Atlantis). Mesir, Eufrat dan Tigris (Mesopotamia) dan Hindus adalah tempat-tempat yang dilalui Alexander Agung. Dan diriwayatkan, ketika ia memerintah pasukannya untuk bergerak ke timur pasukannya menolak. Loh, pasukan kok berani menolak raja yang terkenal itu? Setelah diusut ternyata mereka ga berani menyebrangi laut Ultima Thule, wilayah menakutkan dimana kapal-kapal yang berlayar di sana tidak pernah terdengar lagi kabarnya. Mereka takut bernasib sama dengan itu. Alexander dan pasukannya pun batal ke Atlantis.
Peta Jalur dan Arah Taklukan Alexander Agung
Namun, meski ia gagal, tapi anak bungsunya hasil pernikahan dengan penduduk India, bergelar Sri Maharajo Dirajo beserta istrinya putri Hindustan berhasil sampai ke daerah bekas Atlantis, di tempat yang kini bernama Minangkabau (kakak-kakanya Sri Maharajo Alif merantau ke Negeri Rum, Sri Maharajo Dipang ke Cina). Itulah alasan dalam Tambo yang diceritakan tukang Kaba (cerita), menjelaskan jika nenek moyang orang Minang berasal dari India. Minangkabau adalah tempat pendaratan keturunan Alexander The Great. Dan Alexander, murid Aristoteles, melalui anaknya banyak memberikan pengaruhnya di Minang. Makna kata Dzulqarnaen (2 tanduk) mungkin menjadi sebab ciri khas rumah Gadang.

Rumah Gadang "Bertanduk"
Dan keturunan Alexander ada hubungannya juga dengan perubahan system Patrilineal dengan Matrilineal seperti yang terjadi saat ini. Penggagas system Matrilineal adalah saudara tiri Sri Maharajo Basa (cucu Alexander Agung), yaitu Sutan Balun. Sutan Balun merupakan induk lareh bodi Chaniago, sementara Sri Maharajo Basa merupakan induk lareh koto Pilliang (yang merasa marganya lareh koto pilliang berarti merupakan keturunan Alexander Agung). Sutan Balun dengan cerdik menghindari serangan Majapahit dari Jawa dengan otaknya bukan dengan otot, tentu setelah berunding dengan kalangan cerdik pandai Minangkabau. Ia menyambut pasukan yang dipimpin Adityawarman dengan sambutan hangat yang membuat Adityawarman terkejut (mungkin juga melongo). Sutan Basun segera menawari Adityawarman untuk menikahi puteri Jamilan saudaranya. Namun Ia mensyaratkan bahwa Adityawarman harus menaati adat Minang yakni warisan dan kekuasaan akan jatuh ke pihak Ibu. Dengan kata lain sebenarnya Adityawarman adalah raja semu yang hanya bisa berkuasa semur hidupnya saja, sedangkan Minang akan tetap dikuasai oleh keturunan Puteri Jamilan. Demikian sistem tersebut mendarah daging (mungkin) hingga saat ini.

Menurut pengarang novel Negara Kelima, Kutukan Atlantis telah berlanjut hingga saat ini. Kutukan yang menyebabkan kehancuran kejayaan nusantara bertubi-tubi, mulai dari Sriwijaya, Majapahit, hingga Republic of Indonesia. Kehancuran negara kita saat ini, yang penuh korupsi, merupakan reka ulang jaman Atlantis, dimana sikap tamak terhadap duniawi diagung-agungkan.Kekuasaan dan harta ingin ditambah sebanyak mungkin melalui cara-cara yang tidak halal (naudzubillah) sebagimana raja-raja tamak Atlantis menyerang negara lain di dunia. Sebagai generasi penerus bangsa ini hendaknya kita mengambil hikmah dari sejarah Nusantara tempoe doloe, untuk dijadikan semangat kebangkitan bangsa kita. Kita harus bangga dengan negara kita, kita pernah menjadi negara yang sangat disegani pada jaman lampau, negara dengan tatanan beradab dan berbudaya tinggi yang menjadi penyebar kebudayaan-kebudayaan maju dunia. Seorang peramal meramalkan kebangkitan kembali Atlantis setelah perang Dunia. Memang kita tidak boleh percaya ramalan, tapi kalau menjadikan ramalan itu sebagai pelecut semangat kita membangun bangsa ini boleh-boleh saja kan? Dan tetaplah bersikap penuh kebajikan, hindari sikap tamak, karena tamak merupakan kutukan berulang yang sudah ada sejak Atlantis tenggelam…
 Poseidon, Dewa Laut Mitologi Yunani
(copyright@ve08 "Kutukan Atlantis pada Indonesia" berdasarkan novel Negara Kelima karya ES Ito, dengan pengubahan seperlunya)

Komentar

  1. SAYA SEDIKIT SETUJU DENGAN KOMENTAR PLATO INDONESIA TELAH DIKUTUK OLEH ATLANTIS KOTA MISTERIUS ITU JADI INDONESIA TERMASUK BAGIAN ATLATIS KARNA ATLANTIS BERADA PADA BAGIAN INDONESIA. SAYA HERAN KAPAN ATLATIS HILANG ?

    BalasHapus
  2. kalo menurut yg saya tahu sih pas jaman es alias Ice Age. Air laut meningkat volumenya karena es di kutub mencair. Dikatakan bahwa setelah krakatau purba meletus yg sangat dahsyat, panasnya tidak dapat keluar karena terkungkung debu letusan, yang akhirnya membuat Atlantis tenggelam. Indonesia kemungkinan berlokasi di puncak atlantis

    BalasHapus
  3. mas coba diruntutkan awal kejadian masak atlantis tnggelam karena krakatau itukan khayal sekali...

    BalasHapus
  4. Dahulu diperkirakan pernah meledak dahsyat sebuah gunung yg dinamakan krakatau purba, lalu membentuk gn baru bernama krakatau modern, dan meletus lg melahirkan anak krakatau. Gn Krakatau purba diperkirakan meledak dahsyat, dan beberapa ahli percaya dg hipotesis pemisahan pulau sumatera dg Jawa itu krn efek ledakan yg besar pd jaman dahulu kala. Saya nemu artikel di detik yg mengikhtisarkan buku ttg tenggelamnya benua, tp di buku itu ga disebut sbg atlantis melainkan Sundaland. saya pikir itu merujuk ke benua yg sama yakni Atlantis. Cek link disini: http://www.detiknews.com/read/2010/10/21/134834/1471228/10/indonesia-dan-tenggelamnya-sundaland

    BalasHapus
  5. kalo say aprnah baca uraian ekspedisi DLA ato apa lupa namanya..pokknya para cendekiawan muslim..
    yang intinya membenarkan kebraddan atlantis itu adalah Indonesia. dan dikaitkan dengan cerita negeri saba'(Atlantis) yang sangat makmur dan maju, tapi karena ketamakannya Allah murka dan menenggelamkan mereka.Dengan ratu dari saba' adalag balqis, dan candi borobudur adalah kerajaan dari ratu balqis yang dengan ijin Allah telah di pindahkan oleh Nabi Sulaiman..
    map agag blelepotan tulisannya...cz cuma se ingat saya..udah lama baca n nnton video hasil ekspedisi tersebut

    BalasHapus
  6. @ayip untuk bukti ilmiah yang mendukung adalah abu vulkanik gunung krakatau yang ditemukan bahkan hingga Antartica, padahal di sana ga ada gunung berapi. Ledakan gn Krakatau purbakala diperkirakan memicu es mencair dan menenggelamkan daratan luas saat itu

    BalasHapus
  7. Selama ribuan tahun di dunia dengan peradaban yang silih berganti ...
    dunia mengalami beberapa kali banjir besar yg menenggelamkan peradaban ...

    Terutama karena ES kutub mencair shg volume air dunia meningkat ... dan menenggelamkan daratan benua rendah ...

    Es Kutub mencair disebabkan perubahan koordinat dunia ... atau naiknya temperatur dunia akibat pemanasan global ...

    Jangan anggap peradaban dulu yang musnah pakai panah ... peradaban dulu malah lebih maju dari sekarang ...
    makanya global warming terjadi akibat teknologi itu ...

    semua itu aku baca dari tulisan2 ilmuwan yang berpikir REVOLUSIONER ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul, peradaban kuno bisa membuat piramida, dan benda2 sejarah yang luar biasa. Nantinya perdaban kita yg canggih ini pun akan kembali ke titik nol karena perang Armageddon (ramalan banyak agama), jadi kemungkinan jaman dahulu sudah ada jaman yg canggih dan hancur lalu kembali ke titik awal peradaban.

      Hapus

Posting Komentar

Komen ya! makasih kakak

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Mobil

Ada banyak ketakutan yang dimiliki oleh pemilik kendaraan, takut dicuri, digores, dirusak, maupun ditabrak. Memiliki kendaraan memang bukan suatu hal yang menguntungkan, bahkan sejatinya merugikan karena nilainya yang terus merosot, serta adanya resiko-resiko dalam penggunaannya. Nah, untuk melindungi mobil Anda dari beberapa resiko tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa asuransi. Pihak asuransi akan meng-handle beberapa resiko, bahkan full risk, tergantung jenis premi yang Anda pilih.

Lalu, setelah Anda secara rutin membayar premi, bagaimanakah bila suatu hari Anda mengalami hari naas sehingga mobil Anda dirusak/tabrakan? Jangan panik karena asuransi akan memperbaiki lagi mobil seperti semula. Anda hanya perlu mengajukan klaim yang biasanya syaratnya: surat keterangan kecelakaan/dicuri dari polsek setempat, surat premi, fotokopi KTP dan STNK.

Datanglah ke penyedia Asuransi Anda, nanti mobil Anda yang penyok akan difoto, lalu ditandai dan diberi keterangan agar pihak bengkel mudah men…

Serangga berkepala capit

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan seekor serangga di kamar mandi. Serangga itu mirip jangkrik namun kepalanya memiliki capit. Capitnya berukuran cukup besar bila dibandinhkan dengan proporsi ukuran badannya. Mirip capit pada kalajengking namun terletak di kepala bukan di ekor. Hewan ini sering muncul pada malah hari lewat dari jam 10 malam. Biasanya dia keluqr dari lubang kecil yang ada di dinding kamar mandi. Sampai sekarang saya masih penasaran apa nama serangga tersebut. Apabila ada pembaca yang mengetahui nama serangga itu mohon dapat diinformasikan kepada saya. Saya juga telah mencoba memotret serangga tersebut namun hasilnya buram karena kamera hp tidak memiliki lampu flash. Oleh karenanya saya coba sertakan gambar yang kira-kira mirip dengan bentuk serangga tersebut. Namun sayangnya kemungkinan serangga tersebut sudah tidak ada lagi dikamar mandi karena diinjak oleh tetangga kost.



Update:
Setelah mendapat informasi dari pembaca blog, ternyata serangga ini bernama Ketongg…

Kisah Seram di Kos Mahasiswa

Kisah seram itu sampai ditelingaku dari cerita temanku yang menghuni kos itu. Ia tinggal di kos, sebut saja 'P', sejak tingkat satu. Kos P dulunya adalah kos-kosan untuk mahasiswi tapi karena ada sebuah tragedi menyedihkan yang menghasilkan cerita seram akhirnya dijadikan kos-kosan untuk mahasiswa.

Kisah ini bermula dari beberapa tahun yang lalu. Ada seorang mahasiswi yang kos di tempat itu mengalami depresi. Katanya karena kuliah di STAN. Konon, dahulu perkuliahan di STAN sangat ketat dan berat hingga membuat banyak mahasiswa dan mahasiswi yang stres, bahkan ada yang sudah seperti orang gila. Dari yang pikirannya linglung, hingga yang sudah tidak berbusana lagi alias bugil! Nah, mahasiswi penghuni kos P itu sudah tidak sanggup lagi menjalani kehidupannya. Gadis itu memilih bunuh diri dengan jalan gantung diri untuk mengakhiri hidupnya. Saat gantung diri ia mengenakan baju berwarna merah. Semenjak kematiannya banyak peristiwa menyeramkan muncul di kos ini. Apalagi letak kos P i…