Minggu, 30 Agustus 2009

Push Email di HP Sony Ericsson

Saat ini era berkirim pesan telah berkembang pesat. Saya ingat ketika masih kecil, orangtua saya sering mengirimkan pesan ke keluarga di Jawa menggunakan telegram ataupun surat. Seiring berjalannya waktu muncullah HP dengan fasilitas sebatas menelepon. Kemudian muncul era pager yang saya sendiri belum pernah mencoba alat tersebut. Hingga era berkirim pesan lewat pesan pendek/SMS menggunakan handphone. Dewasa ini muncul sarana baru yg lebih hebat dari SMS yakni email. Dengan email kita bisa mengirim apa saja (melalui lampiran) dengan waktu secepat SMS. Penyedia email gartis pun bermunculan. Tidak lagi di dominasi oleh Yahoo! Sang raksasa Google pun membuat Gmail. Kedua perusahaan itu saling bersaing untuk menjadi penyedia email no. 1. Kita bisa lihat perbaikan kapasitas server yang dilakukan Yahoo! demi menyaingi Gmail. Akun email di Yahoo! kini menjadi tak terbatas kapasitasnya.

Kebanyakan dari kita pasti sering sekali menggunakan email, baik untuk mengirim pesan ke relasi maupun untuk melakukan registrasi ke sebuah situs tertentu, namun biasanya kita mengakses email tersebut via komputer ataupun jika punya HP yang kelas medium bisa mengakses lewat browser HP tersebut. Tetapi, kita tidak bisa menerima dan mengirim pesan email selayaknya SMS, karena vendor HP belum banyak yang memberikan fasilitas tersebut. Operator pun memasang tarif cukup mahal untuk berlangganan email real time (baca: push mail). Oleh karenanya, tidak heran jika hanya golongan ataslah yang mampu menikmati fasilitas email ini seperti menggunakan SMS karena mereka memiliki gadget pintar serta pulsa berlangganan yang cukup untuk akses emal real time.Anda mungkin memimpikan untuk dapat memiliki PDA, Blackberry, ataupun smartphone lainnya untuk terlihat keren. Tapi tahukah jika sebenarnya fitur-fitur yang ada pada mereka tidak jauh beda dengan HP second level/medium class yang Anda miliki? Lupakanlah Blackberry, optimalkan fungsi HP Anda sendiri. Anda bisa menambah aplikasi-aplikasi baru yang banyak tersedia di internet. Tapi, ada satu kelebihan Smartphone itu yakni fitur push mail yang membuat kita bisa berkirim email setiap saat, kapan saja, dimana saja. Kabar baik untuk kita semua, ternyata HP biasa kita pun bisa seperti itu. Syaratnya HP Anda mendukung fungsi POP3 dan IMAP.Dalam percobaan, saya menggunakan Sony Ericsson K618i (HP Medium Class). Saat ini harganya sekitar 1,5 juta. Saya memakai akun email Gmail. Bagaimana cara membuat Sony Ericsson saya melakukan push email seperti Blackberry?Kita perlu menyeting HP dan akun Gmail. Berikut akan saya berikan langkah-langkahnya:
  1. Untuk menyeting HP
  • Masuk menu perpesanan, pilih email
  • Pilih Seting, lalu buat akun baru dengan nama terserah Anda
  • Isi sambung dengan indosat GPRS (saya memakai im3),
  • masukkan alamat email Anda
  • Pilih jenis sambungan: IMAP4
  • Server masuk: imap.gmail.com
  • Masukkan nama pengguna (misal vega@gmail.com--maka nama pengguna=vega)
  • Masukkan password email Anda
  • Server keluar: smtp.gmail.com
  • Pilih seting tingkat lanjut
  • Ubah enkripsi menjadi SSL
  • Masukkan nama pemakai (sama dengan nama pengguna tadi)
  • Massukkan password email Anda lagi
  • Port masuk: 993
  • Port keluar: 465
  • Bila tidak ingin menggunakan push email maka pilih frekuensi cek terserah Anda (misal 12 jam sekali), maka HP Anda akan mendownload email tiap beberapa saat sesuai keinginan Anda.
  1. Untuk menyeting Gmail
  • Masuk ke email AndaPilih setting/setelan
  • Pilih penerusan dan POP3/ IMAP
  • Pilih: "Fungsikan POP untuk semua email" atau bisa juga "Fungsikan POP hanya email yang datang sekarang"
  • Aktifkan IMAP
  • Simpan perubahan
Cobalah masuk ke menu email di HP Anda, pada kotak masuk pilih "Kirim dan Tr", maka HP Anda akan mulai mendownload email yang ada di inbox Gmail Anda. Nanti akan muncul pilihan untuk mengaktifkan Push Mail, pilih ya jika Anda ingin HP Anda terus aktif menunggu datangnya email atau pilih tidak jika Anda hanya ingin HP Anda mendownload saat-saat tertentu saja (misal 12 jam sekali).
Bila email Anda tidak terlalu penting maka lebih baik tidak menggunakan Push Email karena akan memakan biaya gprs Anda yang aktif terus menerus.

Saya menguji biaya untuk push email. Pada percobaan pertama menghabiskan Rp. 8,- untuk lima menit. Pada percobaan kedua, ternyata sekitar satu jam memakan biaya Rp. 8,- Sedangkan untuk mengirim email yang tidak terlalu panjang, biayanya Rp. 7,-.

Untuk akun Yahoo! Secara umum sama dengan seting Gmail di atas, namun yahoo! Memiliki perbedaan setingnya pada:

Nama email Anda beserta passwordnya

Server masuk: pop.mail.yahoo.com

Server keluar: smtp.mail.yahoo.com

Port in: 110 Port out: 587

Dengan menyeting HP kita agar bisa mengirim dan menerima email tanpa aplikasi pihak ketiga (misal opera mini) maka akan terasa lebih praktis dan tentunya hemat biaya. Selamat mencoba!

Link terkait: "Cara Praktis Seting Push Email Sony Ericsson "

Sumber info: dokistea di http://id.answer.yahoo.com dan Adhityia Wisnu Sasmita di http://adhtyiaws.blogspot.com dengan pengubahan dan penambahan seperlunya.

(copyright@ve08.blogspot.com "Push Email di HP Sony Ericsson")

6 komentar:

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...