Kamis, 05 Mei 2011

PlayStation Network (PSN) Dibobol!

Playstation Network (PSN) dibobol! Yah, pertama dengar berita ini saya cukup terkejut soalnya saya termasuk salah satu user di PSN. Tapi saya aman karena tidak pernah membeli secara langsung menggunakan akun saya melainkan memakai akun toko tempat pembelian PSP Go saya. Diperkirakan 25 juta pengguna PSN datanya telah diambil cracker. Sangat disayangkan karena perusahaan sekaliber Sony ternyata bisa diterobos juga sistem keamanan server-nya, setelah tentu saja produk-produknya juga berhasil dibobol oleh hackers. Oh iya, sebelumnya saya jelaskan dulu bagi yang belum tahu mengenai PSN. 
 Source: http://muso9.com
PSN adalah sebuah wadah/tempat yang utamanya berfungsi sebagai toko virtual milik Sony Playstation yang menjual berbagai jenis games, komik, dan sebagainya untuk para pemilik PS3 dan PSP. Produknya dijual dengan harga relatif mahal untuk ukuran kantong saya, misal satu game bola PS3 dihargai sekitar Rp. 500.000,-, sedangkan game bola untuk PSP dihargai sekitar Rp.300.000,-. Para pembelinya membayar dengan kartu kredit lalu mendapat  akses untuk mendownload game tersebut full (tentunya biaya download ditanggung sendiri).  Transaksi pembelian itu terekam dalam server PSN, dan itulah yang akhirnya diambil para cracker. 
Nah, setelah kejadian ini Sony melalui wakilnya di Hongkong (Sony Asia) mengirimi saya email pemberitahuan (intinya menjelaskan bahwa server PSN-nya telah dihack), begini isi suratnya yang diberi judul "Important notice of PlayStation®Network services and security issue",

Kepada para pelanggan PlayStation Network yang kami hormati,

Kami telah mengetahui bahwa, antara tanggal 17 April dan 19 April 2011, informasi tertentu dari akun milik pengguna PlayStation Network telah terganggu dikarenakan intrusi yang tidak sah dan ilegal ke dalam jaringan kami. Sebagai respon dari intrusi tersebut kami telah:
  1. menghentikan sementara layanan PlayStation Network;
  2. mempekerjakan firma keamanan dari luar dan diakui untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh mengenai permasalahan yang terjadi; dan
  3. Secepatnya melakukan tindakan-tindakan untuk meningkatkan keamanan dan memperkuat infrastruktur jaringan kami dengan cara membangun kembali sistem kami untuk memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap informasi personal anda.
Kami sangat menghargai kesabaran, pengertian dan itikad baik anda karena kami akan melakukan apapun yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah ini secepatnya dan se-efisien mungkin.
Walaupun saat ini kami masih menyelediki rincian dari insiden ini, kami percaya bahwa seseorang yang tidak berhak telah memperoleh informasi yang telah anda berikan sebagai berikut: nama, alamat (kota, propinsi, kode pos) dan kata sandi dari jawaban keamanan (security answers) PlayStation Network anda juga mungkin telah diambil. Jika anda memiliki sebuah sub-account yang sah untuk tanggungan anda, data yang sama dari tanggungan anda juga mungkin telah diambil. Atas dasar pertimbangan kehati-hatian yang besar, kami juga menyampaikan bahwa  nomor kartu kredit anda (kecuali kode keamanan) dan tanggal daluarsa/berakhirnya juga mungkin telah diambil.

Untuk keamanan anda, kami menyarankan anda untuk berhati-hati terhadap penipuan melalui email, telepon dan surat yang meminta informasi personal atau sensitif. Sony Computer Entertainment tidak akan menghubungi anda dengan cara apapun, termasuk melalui email, meminta nomor kartu kredit anda, nomor identitas atau nomor sejenis lainnya atau informasi yang terkait dengan personal lainnya. Jika anda diminta untuk memberikan informasi ini, maka anda dapat memastikan bahwa permintaan tersebut bukan berasal dari Sony Computer Entertainment. Apabila PlayStation Network telah pulih secara total, kami sangat menganjurkan anda untuk masuk dan mengganti kata sandi anda. Selain itu, jika anda menggunakan nama pengguna atau kata sandi PlayStation Network anda untuk layanan atau akun yang tidak terkait lainnya, kami sangat menyarankan anda untuk menggantinya juga.

Untuk melindungi dari kemungkinan pencurian identitas atau kerugian finansial, kami menyarankan anda untuk tetap waspada dalam meneliti laporan akun anda dan memonitor laporan kredit atau laporan lainnya yang sejenis.
Kami mengucapkan terima kasih atas kesabaran anda selama kami menyelesaian penyelidikan terhadap insiden ini dan kami meminta maaf atas segala ketidaknyamanan yang terjadi. Team kami telah bekerja tanpa henti untuk menyelesaikan hal ini dan layanan akan tersedia kembali secepatnya. Sony Computer Entertainment memperlakukan perlindungan informasi dengan sangat serius dan akan terus bekerja untuk memastikan tindakan tambahan telah diambil untuk melindungi informasi yang terkait dengan personal. Memberikan layanan entertainment yang berkualitas dan aman kepada pelanggan kami adalah prioritas utama kami. Harap hubungi kami pada nomor: 2341 2356 (HONG KONG) atau 021 2994 8800 (INDONESIA) atau 1 800 81 4963 (MALAYSIA) atau 800 8523 663 (SINGAPORE) atau 0809 079 888 (TAIWAN) atau 0 2715 6100 (THAILAND) jika anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut.

Hormat kami,
Sony Computer Entertainment Hong Kong Limited

Dari surat tersebut diketahui bahwa Sony sedang merekrut tenaga ahli dari luar untuk memperbaiki sistem keamanan PSN. Selain itu dia juga menyarankan agar para pengguna/user dari PSN berhati-hati dan mencermati rekeningnya masing-masing untuk mewaspadai jikalau terjadi transaksi mencurigakan di rekening mereka. Bisa dibilang bahwa mereka telah "pasrah" terhadap pencurian informasi para usernya, khususnya mengenai kartu kredit. 
 Source: http://www.informaticagames.com
Hari ini saya membaca berita di detik.com bahwa Sony dituntut membayar ganti rugi sebesar 8 Milyar Dollar oleh sekelompok penggunanya yang merasa rekeningnya telah dijarah, Wow!  Mereka menganggap bahwa Sony lebih mementingkan keamanan produknya saja, sedangkan informasi para pengguna tidak terlalu diprioritaskan. Kasihan sekali si Sony ini bila gugatan tersebut akhirnya dimenangkan pengadilan, sepertinya mereka habis jatuh tertimpa tangga pula. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...