Langsung ke konten utama

PlayStation Network (PSN) Dibobol!

Playstation Network (PSN) dibobol! Yah, pertama dengar berita ini saya cukup terkejut soalnya saya termasuk salah satu user di PSN. Tapi saya aman karena tidak pernah membeli secara langsung menggunakan akun saya melainkan memakai akun toko tempat pembelian PSP Go saya. Diperkirakan 25 juta pengguna PSN datanya telah diambil cracker. Sangat disayangkan karena perusahaan sekaliber Sony ternyata bisa diterobos juga sistem keamanan server-nya, setelah tentu saja produk-produknya juga berhasil dibobol oleh hackers. Oh iya, sebelumnya saya jelaskan dulu bagi yang belum tahu mengenai PSN. 
 Source: http://muso9.com
PSN adalah sebuah wadah/tempat yang utamanya berfungsi sebagai toko virtual milik Sony Playstation yang menjual berbagai jenis games, komik, dan sebagainya untuk para pemilik PS3 dan PSP. Produknya dijual dengan harga relatif mahal untuk ukuran kantong saya, misal satu game bola PS3 dihargai sekitar Rp. 500.000,-, sedangkan game bola untuk PSP dihargai sekitar Rp.300.000,-. Para pembelinya membayar dengan kartu kredit lalu mendapat  akses untuk mendownload game tersebut full (tentunya biaya download ditanggung sendiri).  Transaksi pembelian itu terekam dalam server PSN, dan itulah yang akhirnya diambil para cracker. 
Nah, setelah kejadian ini Sony melalui wakilnya di Hongkong (Sony Asia) mengirimi saya email pemberitahuan (intinya menjelaskan bahwa server PSN-nya telah dihack), begini isi suratnya yang diberi judul "Important notice of PlayStation®Network services and security issue",

Kepada para pelanggan PlayStation Network yang kami hormati,

Kami telah mengetahui bahwa, antara tanggal 17 April dan 19 April 2011, informasi tertentu dari akun milik pengguna PlayStation Network telah terganggu dikarenakan intrusi yang tidak sah dan ilegal ke dalam jaringan kami. Sebagai respon dari intrusi tersebut kami telah:
  1. menghentikan sementara layanan PlayStation Network;
  2. mempekerjakan firma keamanan dari luar dan diakui untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh mengenai permasalahan yang terjadi; dan
  3. Secepatnya melakukan tindakan-tindakan untuk meningkatkan keamanan dan memperkuat infrastruktur jaringan kami dengan cara membangun kembali sistem kami untuk memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terhadap informasi personal anda.
Kami sangat menghargai kesabaran, pengertian dan itikad baik anda karena kami akan melakukan apapun yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah ini secepatnya dan se-efisien mungkin.
Walaupun saat ini kami masih menyelediki rincian dari insiden ini, kami percaya bahwa seseorang yang tidak berhak telah memperoleh informasi yang telah anda berikan sebagai berikut: nama, alamat (kota, propinsi, kode pos) dan kata sandi dari jawaban keamanan (security answers) PlayStation Network anda juga mungkin telah diambil. Jika anda memiliki sebuah sub-account yang sah untuk tanggungan anda, data yang sama dari tanggungan anda juga mungkin telah diambil. Atas dasar pertimbangan kehati-hatian yang besar, kami juga menyampaikan bahwa  nomor kartu kredit anda (kecuali kode keamanan) dan tanggal daluarsa/berakhirnya juga mungkin telah diambil.

Untuk keamanan anda, kami menyarankan anda untuk berhati-hati terhadap penipuan melalui email, telepon dan surat yang meminta informasi personal atau sensitif. Sony Computer Entertainment tidak akan menghubungi anda dengan cara apapun, termasuk melalui email, meminta nomor kartu kredit anda, nomor identitas atau nomor sejenis lainnya atau informasi yang terkait dengan personal lainnya. Jika anda diminta untuk memberikan informasi ini, maka anda dapat memastikan bahwa permintaan tersebut bukan berasal dari Sony Computer Entertainment. Apabila PlayStation Network telah pulih secara total, kami sangat menganjurkan anda untuk masuk dan mengganti kata sandi anda. Selain itu, jika anda menggunakan nama pengguna atau kata sandi PlayStation Network anda untuk layanan atau akun yang tidak terkait lainnya, kami sangat menyarankan anda untuk menggantinya juga.

Untuk melindungi dari kemungkinan pencurian identitas atau kerugian finansial, kami menyarankan anda untuk tetap waspada dalam meneliti laporan akun anda dan memonitor laporan kredit atau laporan lainnya yang sejenis.
Kami mengucapkan terima kasih atas kesabaran anda selama kami menyelesaian penyelidikan terhadap insiden ini dan kami meminta maaf atas segala ketidaknyamanan yang terjadi. Team kami telah bekerja tanpa henti untuk menyelesaikan hal ini dan layanan akan tersedia kembali secepatnya. Sony Computer Entertainment memperlakukan perlindungan informasi dengan sangat serius dan akan terus bekerja untuk memastikan tindakan tambahan telah diambil untuk melindungi informasi yang terkait dengan personal. Memberikan layanan entertainment yang berkualitas dan aman kepada pelanggan kami adalah prioritas utama kami. Harap hubungi kami pada nomor: 2341 2356 (HONG KONG) atau 021 2994 8800 (INDONESIA) atau 1 800 81 4963 (MALAYSIA) atau 800 8523 663 (SINGAPORE) atau 0809 079 888 (TAIWAN) atau 0 2715 6100 (THAILAND) jika anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut.

Hormat kami,
Sony Computer Entertainment Hong Kong Limited

Dari surat tersebut diketahui bahwa Sony sedang merekrut tenaga ahli dari luar untuk memperbaiki sistem keamanan PSN. Selain itu dia juga menyarankan agar para pengguna/user dari PSN berhati-hati dan mencermati rekeningnya masing-masing untuk mewaspadai jikalau terjadi transaksi mencurigakan di rekening mereka. Bisa dibilang bahwa mereka telah "pasrah" terhadap pencurian informasi para usernya, khususnya mengenai kartu kredit. 
 Source: http://www.informaticagames.com
Hari ini saya membaca berita di detik.com bahwa Sony dituntut membayar ganti rugi sebesar 8 Milyar Dollar oleh sekelompok penggunanya yang merasa rekeningnya telah dijarah, Wow!  Mereka menganggap bahwa Sony lebih mementingkan keamanan produknya saja, sedangkan informasi para pengguna tidak terlalu diprioritaskan. Kasihan sekali si Sony ini bila gugatan tersebut akhirnya dimenangkan pengadilan, sepertinya mereka habis jatuh tertimpa tangga pula. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Mobil

Ada banyak ketakutan yang dimiliki oleh pemilik kendaraan, takut dicuri, digores, dirusak, maupun ditabrak. Memiliki kendaraan memang bukan suatu hal yang menguntungkan, bahkan sejatinya merugikan karena nilainya yang terus merosot, serta adanya resiko-resiko dalam penggunaannya. Nah, untuk melindungi mobil Anda dari beberapa resiko tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa asuransi. Pihak asuransi akan meng-handle beberapa resiko, bahkan full risk, tergantung jenis premi yang Anda pilih.

Lalu, setelah Anda secara rutin membayar premi, bagaimanakah bila suatu hari Anda mengalami hari naas sehingga mobil Anda dirusak/tabrakan? Jangan panik karena asuransi akan memperbaiki lagi mobil seperti semula. Anda hanya perlu mengajukan klaim yang biasanya syaratnya: surat keterangan kecelakaan/dicuri dari polsek setempat, surat premi, fotokopi KTP dan STNK.

Datanglah ke penyedia Asuransi Anda, nanti mobil Anda yang penyok akan difoto, lalu ditandai dan diberi keterangan agar pihak bengkel mudah men…

Serangga berkepala capit

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan seekor serangga di kamar mandi. Serangga itu mirip jangkrik namun kepalanya memiliki capit. Capitnya berukuran cukup besar bila dibandinhkan dengan proporsi ukuran badannya. Mirip capit pada kalajengking namun terletak di kepala bukan di ekor. Hewan ini sering muncul pada malah hari lewat dari jam 10 malam. Biasanya dia keluqr dari lubang kecil yang ada di dinding kamar mandi. Sampai sekarang saya masih penasaran apa nama serangga tersebut. Apabila ada pembaca yang mengetahui nama serangga itu mohon dapat diinformasikan kepada saya. Saya juga telah mencoba memotret serangga tersebut namun hasilnya buram karena kamera hp tidak memiliki lampu flash. Oleh karenanya saya coba sertakan gambar yang kira-kira mirip dengan bentuk serangga tersebut. Namun sayangnya kemungkinan serangga tersebut sudah tidak ada lagi dikamar mandi karena diinjak oleh tetangga kost.



Update:
Setelah mendapat informasi dari pembaca blog, ternyata serangga ini bernama Ketongg…

Kisah Seram di Kos Mahasiswa

Kisah seram itu sampai ditelingaku dari cerita temanku yang menghuni kos itu. Ia tinggal di kos, sebut saja 'P', sejak tingkat satu. Kos P dulunya adalah kos-kosan untuk mahasiswi tapi karena ada sebuah tragedi menyedihkan yang menghasilkan cerita seram akhirnya dijadikan kos-kosan untuk mahasiswa.

Kisah ini bermula dari beberapa tahun yang lalu. Ada seorang mahasiswi yang kos di tempat itu mengalami depresi. Katanya karena kuliah di STAN. Konon, dahulu perkuliahan di STAN sangat ketat dan berat hingga membuat banyak mahasiswa dan mahasiswi yang stres, bahkan ada yang sudah seperti orang gila. Dari yang pikirannya linglung, hingga yang sudah tidak berbusana lagi alias bugil! Nah, mahasiswi penghuni kos P itu sudah tidak sanggup lagi menjalani kehidupannya. Gadis itu memilih bunuh diri dengan jalan gantung diri untuk mengakhiri hidupnya. Saat gantung diri ia mengenakan baju berwarna merah. Semenjak kematiannya banyak peristiwa menyeramkan muncul di kos ini. Apalagi letak kos P i…