Mobile Hostpot Terkoneksi Tapi Tidak Bisa Tersambung ke Internet

Beberapa bulan lalu saya mencoba menginstall sebuah aplikasi VPN di laptop saya yang ber-OS Windows 10. Setelah beberapa kali mencoba dengan lancar tiba-tiba koneksi internet saya yang menggunakan Mobile Hotspot dari HP malah jadi bermasalah. Ketika sudah tersambung dengan hostpot saya tetap tidak dapat mengakses internet. Saya pun mencoba meng-uninstall aplikasi VPN tersebut dan merestart laptop. Ternyata hal tersebut tetap tidak memberikan solusi. Saya mencoba mencari tahu dengan googling kesana kemari, termasuk mengunjungi situs resmi VPN tersebut. Di halaman web situs tersebut, saya mengikuti step by step untuk menormalkan koneksi internet setelah VPN dimatikan (turn off). Hasilnya nihil, koneksi internet saya masih belum normal. Terpaksa satu minggu saya gunakan internet dengan sambungan USB yang tentunya repot karena harus mencolok kabel dari HP ke laptop. Beberapa situs lain memberikan rekomendasi untuk mengganti setingan IP Address dan sudah saya ikuti namun tetap tidak ada hasil.

Setelah seminggu berlalu, entah darimana saya memperoleh ide untuk mengecek ke setting Network di laptop. Ternyata solusi permasalahan ini sangatlah mudah. Silakan buka menu Open Network & Internet Setting dengan cara klik kanan icon Wifi.  


Setelah menu Network terbuka di menu Status, cari tulisan Network Reset.


Lakukan reset tapi perlu diingat bahwa semua Wifi yang pernah tersambung ke PC/laptop beserta passwordnya yang tersimpan akan dihapus sehingga kalian perlu mengkoneksikan kembali untuk pertama kalinya dengan menginput passwordnya. 
Setelah melakukan Network Reset, silakan restart PC/laptop dan koneksi Wifi-nya seharusnya sudah normal kembali. 

Cara ini mungkin juga bermanfaat bagi teman-teman yang koneksi Wifinya tidak jalan karena alasan lainnya. Saya mendengar bahwa beberapa pengguna Windows 10 memiliki masalah dengan koneksi Wifi yang sudah terkoneksi namun tidak memiliki sambungan ke-internet, padahal sinyal internet HP nya normal. Mudah-mudahan cara ini efektif untuk menormalkan koneksi Wifi Anda juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Mobil

Download Option File PES 2011-PSP (Recommended)!

PSP Go 6.35 Hacked!