Selasa, 17 Januari 2017

Menormalkan Hardisk Eksternal yang Tidak Dapat Diakses

Pengalaman ini sengaja saya share di blog ini untuk para pembaca yang barangkali mengalami permasalahan yang sama dengan saya dan kebetulan belum menemukan solusinya.

Saya mempunyai hardisk eksternal berusia cukup lama, namanya Seagate yang memiliki kapasitas 500GB. HDD ini merupakan andalan saya dalam menyimpan copy film-film baru, dokumen kantor maupun back up laptop lama yang sudah dijual. Praktis HDD ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi saya. Hingga beberapa waktu kemarin, si HDD tidak dapat diakses oleh PC maupun TV (saya sering menggunakan TV untuk memutar beberapa file film yang kompatibel). Saat saya coba konekkan ke laptop, si hardisk eksternal terbaca namun di file explorer tertulis nama local disk (E), yang ketika diklik tidak merespon alias gagal terbaca. Setelah googling kesana kemari, saya nemuin solusi yang paling pas dan jitu di forum tomshardware seperti ini:
  1. Masuk ke menu command prompt (kalo dari windows 8 tinggal pencet logo windows dan gunakan fungsi search yg ada di pojok kanan atas layar, lalu ketik command prompt) 
  2. ketikkan: chkdsk[spasi][nama local disk]:/f

contohnya nih biar gampang saya tulis di sini sesuai dengan path nama hardisk yang terdetek di laptop saya adalah local disk (E) maka ketik;
chkdsk E:/f

Nah, tunggu saja beberapa saat hingga komputer merespon perintah. Setelah selesai, insya Alloh hardisk eksternalmu bisa kembali terbaca dan filenya dapat diakses lagi seperti semula.

Catatan: cara di atas mungkin hanya berfungsi jika masalahmu sama persis dengan yang saya alami yaitu hardisk eksternal masih hidup (lampu inikator menyala) dan kedetek oleh komputer sebagai local disk namun tidak bisa diakses.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...