Rabu, 15 Agustus 2012

Serangga berkepala capit

Beberapa minggu yang lalu saya menemukan seekor serangga di kamar mandi. Serangga itu mirip jangkrik namun kepalanya memiliki capit. Capitnya berukuran cukup besar bila dibandinhkan dengan proporsi ukuran badannya. Mirip capit pada kalajengking namun terletak di kepala bukan di ekor. Hewan ini sering muncul pada malah hari lewat dari jam 10 malam. Biasanya dia keluqr dari lubang kecil yang ada di dinding kamar mandi. Sampai sekarang saya masih penasaran apa nama serangga tersebut. Apabila ada pembaca yang mengetahui nama serangga itu mohon dapat diinformasikan kepada saya. Saya juga telah mencoba memotret serangga tersebut namun hasilnya buram karena kamera hp tidak memiliki lampu flash. Oleh karenanya saya coba sertakan gambar yang kira-kira mirip dengan bentuk serangga tersebut. Namun sayangnya kemungkinan serangga tersebut sudah tidak ada lagi dikamar mandi karena diinjak oleh tetangga kost.



Update:
Setelah mendapat informasi dari pembaca blog, ternyata serangga ini bernama Ketonggeng.

8 komentar:

  1. Di rumah saya jg ada persis dgn yg anda deskripsikan. Sering keluar malam hari saat sdh larut. Apa ya namanya?

    BalasHapus
  2. Ketonggeng (theliphonyda)
    Hewan ini mudah dikenali dari warnanya yang gelap, memiliki bagian depan mirip kalajengking (lengkap dengan sepasang capit di sekitar kepala), namun tidak memiliki "ekor" dengan ujung sengat seperti kerabatnya itu, ekornya menyerupai sebuah jarum kecil berwarna coklat. Panjang badannya antara 10 - 15cm Bagian abdomennya (disebut sebagai pygidium) dilengkapi dengan organ berbentuk cambuk (flagellum) memanjang yang agak kaku.
    Ketonggeng (Whiptail Scorpion / theliphonyda) dikenal juga Vinegaroon (vine= cuka) karena ketika terancam, dia akan mengeluarkan macam2 zat asam dari perutnya yang berbau seperti cuka. Binatang ini tidak berbisa dan juga tidak bisa menggigit, hanya bisa mencapit. Bagi manusia tidak berbahaya sama sekali.
    Makanan ketonggeng adalah serangga-serangga, seperti jangkrik, kecoa, dan juga cacing

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, makasih banget atas infonya, saya pikir ini serangga langka yg bernilai mahal kalau dijual ternyata banyak yang "punya" di rumahnya ya hehehe

      Hapus
  3. Kalo misalkan cairan asamnya kena tubuh kita efeknya apa ya ?

    BalasHapus
  4. aku juga barusan liat di kamar mandi. Makanya langsung googling. Bentuknya serem.

    BalasHapus
  5. aku juga barusan liat di kamar mandi. Makanya langsung googling. Bentuknya serem.

    BalasHapus
  6. Ngeliat itu di kamar mandi td.. jd ngga pengen pipis

    BalasHapus

Komen ya! makasih kakak

Naik Motor dan Kehamilan

Buat pasangan yang sedang berusaha memiliki momongan, tulisan ini mungkin terkesan mengada-ada. Tapi buat saya pribadi, tulisan yang ...